Kamis, 11 Juni 2009

top SEcreT Of KFc


Louisville, Kentucky - Resep asli ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC) yang masih berupa tulisan tangan sang penciptanya, Colonel Harland Sanders, awal pekan lalu dikeluarkan untuk pertama kalinya dari brankas kantor pusat KFC di Louisville, Kentucky untuk direlokasi. Lembaran kertas yang sudah menguning tersebut memuat daftar 11 bumbu dan rempah-rempah yang sangat rahasia, sehingga saat memindahkannya pun diperlukan pengamanan superketat.
Eksekutif KFC mengaku sangat was was dengan proses pemindahan ini, “Saya tidak ingin menjadi orang yang menghilangkan resep itu. Bayangkan betapa mengerikannya seandainya itu terjadi,” ujar Presiden KFC Roger Eaton.

Resep yang mengawali terbentuknya franchise terkenal itu disimpan di dalam kotak terkunci yang diborgol langsung ke pakar keamanan Bo Dietl, yang kemudian dibawa dengan kendaraan lapis baja dengan kawalan polisi.

Mengingat resep itu merupakan bagian dari sejarah Amerika, maka hanya ada dua eksekutif KFC saja yang memiliki akses untuk melihatnya. Pihak KFC sendiri menolak memberitahu siapa kedua orang itu.

Selama puluhan tahun resep tersebut tak pernah keluar dari brankas kantor pusat KFC. Selain memuat daftar bumbu dan rempah, resep rahasia itu juga memuat takaran yang tepat untuk setiap bahannya. Dan semuanya ditulis dengan pensil dari tangan Colonel Sanders langsung!

Telah banyak pihak mengklaim bahwa mereka memiliki salinan atau menemukan resep asli sang colonel. Namun eksekutif KFC menegaskan bahwa tak satupun berita itu benar.

Colonel Sanders menemukan formula itu pada tahun 1940 di restoran kecil miliknya di barat daya Kentucky. Baru pada tahun 1950an beliau meresmikan restoran KFC pertamanya.

Hingga akhir 2007 lalu setidaknya telah berdiri restoran cepat saji KFC di 14.892 lokasi di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar